favorit cartoon

favorit cartoon
permen itu penuh rasa...

Minggu, 31 Maret 2013

MASA+(LAH) WAKTU SMA



   SMA adalah siswa-siswi yang jabatannya tertinggi dari SD dan SMP. Namanya aja udah SMA (sekolah menengah angkuh atas) ketika memakai putih abu-abu dan melihat para putih-biru berjalan sok unyu di depan putih abu-abu, kata-kata yang sering keluar adalah; “MASIH ZAMAN SMP ?” atau “MASIH ANAK SMP AJA BELAGU !” ya namanya juga (Sekolah Menengah Angkuh Atas)
   Masa SMA adalah masa dimana kita sering di anggap sudah dewasa oleh kedua orangtua. Dimana kita kalo berbuat salah seperti ; membuat adik nangis,atau berantam sama abang/kakak, para orang tua selalu berpetuah “UDAH SMA HARUSNYA DEWASA !” huffft... ketahuilah pak,mak dewasa itu adalah proses.
   MASA SMA ADALAH MASA YANG PALING INDAH (dikutip dari tweet @dwitasaridwita  @WaktuSMA)
Berikut adalah masa SMA saya. Cekidot *flashback*
* baru tamat SMP*
Nama : Febby Violynd Sinaga.
TTL : jakarta ,sekian-sekian-sekian.
NEM : 35,15 (Rata-Rata 8 dan Rata Semua hasil nyalin SMS dari para Pahlawan yang katanya Tanpa Tanda Jasa)
SMA yang di idamkan : SMA.N 2 P.Siantar. (Sumatera Utara)  yang kabarnya g4h0L,eKsiS, bErpRestasi,dan banyak OrgaNisaSi (intinya faVoRit). Wow organisasi ! I’m comming Teater... batin saya.

*Daftar ke SMA.2*
waktu daftar jarang sekali saya mengenal wajah-wajah para calon siswa-siswi yang dari SMP-SMP terkenal (favorit) . Ya... karna SMP saya di pelosok jadi saya maklum. Teman yang saya kenal hanyalah teman saya mendaftar yaitu Widy,teman 1 SMP.  Dan kebetulan dia juga mendaftar di SMA 2 dengan NEM 34,95 (kalo gak salah).

*pulang ke rumah*
pulang-pulang dapat isu dari Alumni Stambuk sekian.sekian.sekian. yang bernama Victor mengatakan ; “nem paling terendah di SMA.2 kira-kira 36.00. yang kau pikirnya SMA.2 ikan-ikan ? Udah masuk MAN aja kau” blebek blebek... *nyari ikan*
Oke fix galau. “MAN ? MAN ? MAN ? Sudikah kau menerima mahkluk hina seperti aku ?” tanya saya ragu. Krik krik krik

*tibalah pengumuman*
sepeda motor dan mobil ramai memasuki gedung SMA.N 2 dan pengendaranya sibuk mencari tempat untuk parkir. Tapi saya gak peduli. Wong saya jalan kaki.
pengumuman di tempel di Madding SMA.N 2. Dan Madding SMA.N 2 di tempel oleh banyak Rakyat Jelata (termasuk saya). Ini termasuk simbiosis mutualisme kan ?
K
#nowplaying : She,s Lolipop Lolipop di film Putih Abu-Abu  (Rakyat Jelata iuh iuh...)
Calon siswa gagal 1 : *keluar dari kerumunan rakyat jelata dengan senyum lebar dan berkata pada abangnya* “bang, aku gak masuk. Nem ku kurang.”  Katanya sembari ketawa.
Abangnya : “ah kau bercanda kan ? kau aja daritadi ketawa-tawa.”
Calon siswa gagal 1 : “ya ketawa lah bang. Orang kurangnya 10 angka bahaha”
Abang : “dek...dek... lulus aja syukur. Sok-sok mau nyoba ke SMA.2”
Calon siswa gagal 1 : “ya dicoba dulu lah bang. Gak ada yang gak mungkin bang.” Katanya membela diri.
Abangnya : “nyoba nya tau diri lah kau.”
Saya : ... *menahan tawa* mereka pergi dan akhirnya... “BAHAHAHA”.
Kesimpulan : gak ada salahnya memang mencoba, tetapi sebaiknya perhitungkan lah terlebih dahulu kemungkinan sukses/gagalnya suatu hal atau tindakan yang akan dicoba.
Saya terus mencoba menyelinap dari para kerumunan manusia berbadan besar ,bau,dan penuh dosa untuk melihat apakah nama saya ada tercantum di lembar-lembar kertas tersebut. Tetapi gagal. Mereka bagaikan Benteng Takeshi. alhasil saya menunggu para manusia serakah ini kecewa selesai terlebih dahulu.
Calon siswa gagal 2 : “Ah Anjinmsb lah ,Cuma kurang koma 2. Sial !”
Saya : “emang paling rendahnya berapa ?” tanya saya.
Calon siswa gagal 2 : “34.10” jawabnya datar dan langsung pergi tanpa senyum atau permisi.
Saya : *keep calm* “Alhamdulillah. Berarti aku Masuk ! Mak ,Pak aku masuk !” senyum sumringah. Kalo udah masalah banggain orang tua senyum jatuh cinta KALAH !.
*pulang ke rumah*
Bapak : “benar nya kau masuk nak ? udah bapak telepon kawan bapak buat nyogok kau ke SMA 2 padahal kalo gak masuk.”
Saya : “say no to nyogok pak. Tuhan lebih memilih kita untuk tidak berbuat dosa.”
Bapak : “Babami ! gak usah sok-sok an kau. tapi... bapak banggalah sama kau.”
Saya : *tersenyum cerah* aku bangga dengan SMP ku yang terpelosok Pak. Berkatnyalah aku bisa melihatmu tersenyum.  Wong smp favorit aja NEM nya banyak yang rendah hihi. batin saya nyengir. (FAKTA)
Setelah itu para keluarga inti ,keluarga dekat dan teman-teman bapak saya yang sering nongkrong di Warung kopi (bapak saya buka toko emas ,restoran,cafe warung kopi dan jual bubuk kopi) memuji saya tanpa henti seharian.  Saat itu saya merasa tinkerbell sedang baik ,lalu meminjamkan sayapnya kepada saya untuk terbang seharian penuh mengelilingi Neverland. Yeaaah !
*penyeleksian kelas*
Penyeleksian kelas bukan lah dari hasil Nilai NEM ,melainkan otak. WOW (kata mereka), kalo kata saya “krik krik krik”. Dimana soal penyeleksiannya dari salah satu bimbingan belajar/les yang cukup terkenal di kota saya pematang siantar ,yaitu GO. Lebih tepatnya Ganesha Operation. Wah saya ragu. Siswa siswi disekitar saya ,terutama dari SMP 1,2 dan 4 kebanyakan siswa di bimbingan tersebut. Lah saya ? huffft.
*terlambat 15 menit karna Papan Ujian*
Sial ,kebuang 15 menit ! gerutu saya.
Tok tok tok ...
Saat itu pengawasnya adalah guru agama saya waktu kelas 2 SMA. Namanya pak D... ? H.... ? maaf saya kurang tau. Intinya singkatan namanya DH. Mungkin Dalagita Hasibuan, Dalagita Harahap. Ah ntahlah.
Pak DH : masuk, lama kali kau. udah terlambat 15 menit. Orang udah bahas soal kau masih membundari.
Saya : “maaf pak” PAPAN JAHANAM ! jerit hati.
Karna terburu-buru saya seringkali salah membundari. Keluar garis lah,kurang tebal lah, hitamnya gak rata lah,salah lubang lah. wuw ,fix kacau. Orang udah pada selesai ,saya masih baru memulai pffft. Udah Optimis Pesimis 99,9 % buat masuk kelas Unggulan X-1 yang isinya manusia berilmu dukun semua. Kenapa dukun ? karena sudah dipastikan 80%  tebakan   jawaban mereka BENAR. saya mencari kelas paling akhir atau bisa di bilang neraka terakhir. Yang isinya udah bisa di tebak adalah manusia yang paling banyak melakukan kesalahan (dalam menjawab soal). Dan kelas itu adalah... SEPULUH TUJUH. “Welcome myNeraka” sapa saya miris. Pengumuman hasil pembagian kelas 5 hari lagi. Dan 3 harinya adalah OSPEK.  Errrrr seram.
*Ospek hari pertama*
Syarat :
1.       pake kaos putih polos dan celana jeans hitam. Kaos putih Gak boleh bermotif lebay. Apalagi ber-slogan “LO SENIOR GUE ? GAK TAKUT !” Wuh...gak kebayang yang pake kaos itu akan pulang dalam keadaan utuh atau enggak :/
2.       bikin kalung dari 10 biji pete.
3.       Bikin tas dari kulit Manusia plastik kresek berwarna hitam. Disini tas sayalah yang paling kreatif. Mereka Cuma diikat tali plastik lalu dijadikan tas junjung. Kalau saya pake tali sepatu dijadikan tas ransel. Akibatnya... sayalah peserta ospek yang sering dibully sama kakak senior :/
4.       Bola plastik dibagi 2, dan dijadikan topi. Disini topi saya biasa aja.
5.       Membawa permen 20 biji dengan bungkus yang berbeda. Oke ,sangkin pusingnya saya beli 10 permen buah-buahan dari rasa anggur sampe yang rasa rujak dengan merk/produk yang sama tapi dengan warna bungkus yang berbeda . Mentos warna-warni  5,milkita 3 rasa,dan 2 nya lagi kiss merah dan biru. lagi-lagi merknya sama .hanya warna bungkusnya yang beda. waktu pemeriksaan... Wassalam. Saya di kerjain abis-abisan :/
Ospek berakhir melelahkan. Tapi... seru !! gak ikut ospek ? minta dilindungin sama kakak-kakak senior yang kalian kenal ? cetek banget tuh pemikiran. Pengalaman mahal harganya beroh.
*Ospek hari ke 2*
Oke,hari ini kakak senior yang berorganisasi yang megang. Dan ini isunya lebih kejam. Dibentak,dibuat nangis,ditertawakan. ah pokoknya di bully habis-habissan. Dan yang paling terkenal pengospekannya kejam adalah... jreng jreng jreng... Teater dan Brimantala. Teater terkenal nyiksa batin sedang brimantala terkenal nyiksa fisik. Horor.
Semoga yang ngospek PHBI  ya Allah. Batin saya. PHBI adalah organisasi Independent yang kepanjangannya (Perayaan Hari Besar Islam). Organisasi ini sudah jelas Organisasi keagamaan. Dan sudah bisa dibayangkan orangnya lebih kalem dan tidak gemar menyiksa. Paling hanya berceramah. Pikir saya.
Seluruh Organisasi Inti maupun Independent sudah ramai dan terlihat sangat siap untuk melaksanakan yang namanya pelatihan mental  ;pengospekan. Sudah bisa ditebak kakak senior yang berkumpul ,melirik dengan mata tajam ke arah kami dan tertawa-tawa cekikikan. Dia lah yang paling niat dan mungkin yang paling kejam. Dan kakak-kakak itu berasal dari organisasi Teater. Teater ? kikikikikikik... horor !.
Kelompok dibagi 8 Platon. Dimana saya Platon 3. Seluruh Organisasi Inti dan Independent berjumlah 8 Organisasi yaitu, inti : Brimantala (Pecinta Alam), Teater (Kesenian), PMR (Palang Merah Indonesia), dan Pramuka. Sementara Independent ; AISI (sastra), English Club,PHBI (Perayaan Hari Besar Islam),dan SKK (kerohanian kristen). Oke saatnya Pembagian.
Platon 1 di ospek oleh .... LUPA hehe.
Platon 2 ... Lupa juga hehe.
Platon 3. Kali ini gak mungkin Lupa. Sebab ini platon saya. “Platon 3 Dipegang Oleh Kakak PMR” kata kakak ketua Osis. PMR ? ya gpp lah. kalo misalnya di cabik-cabik,dikuliti dan dimutilasi kan setidaknya mereka sendiri yang mengobati. Wong Palang Merah Indonesia. Krik krik krik
Kami berbondong-bondong menuju kelas Pembullyan. Saya kecewa . hampir setengah dari platon saya manusianya hilang. Mereka menyuruh kakak-kakaknya untuk permisi tidak mengikuti pengospekan. Bahkan yang laki-laki pun ada yang di permisikan. Mungkin burungnya di makan tokek. Gerutu saya kesal. Terkutuklah kalian yang gak mau merasakan kebersamaan dalam pembullyan. Hih.
*awal disuruh masuk kelas*
“dag,dig,dug” jujur ini menegangkan. Semua alumni PMR semakin Ramai. Awal masuk kami disuruh melepas kaos kaki dan di tempel ke kuping. Gak kebayang yang kaos kakinya lembab baunya ke idung terasa gimana. Terasi kali ya ? whaha.
*Intruksi*
Kakak senior memberikan Intruksi dan juga kabar gembira. Mereka berjanji untuk tidak membuat kami mengeluarkan air mata. Wuw makin semangat. Ternyata gak sengeri yang di bayangkan. Tetapi ospek tetaplah ospek. Pasti mereka akan memberi intruksi-intruksi yang konyol. Seperti menyanyi, nembak senior dengan puisi (basi) . tapi untungnya yang di ospek (basi) seperti itu bukan saya. Karna waktu itu sedang musim acara pencarian jodoh TAKE ME OUT dan saya belum mendapatkan intruksi apapun. tibalah saatnya giliran saya yang dikerjain. Saya sebagai peserta Take me out cowo cewe disuruh berjalan seakan model, dadah-dadah seakan Miss Indonesia lalu mendatangkan pasangan saya. Dan berdansa. Dansanya gak jadi. Pasangan saya pendek. Kalo gak salah Freddy anak Ipa 1.
ospek selesai. Cuma gitu ? kata saya dalam hati.
Setelah ospek di beri pengarahan. ospek ke 3 (besok)  disuruh minta tanda tangan seluruh senior yang berorganisasi maupun yang golput (golongan putih). Dan membuat Surat Cinta sebagus-bagusnya. Yang cewe ngasih ke kakak-kakak perangkat Osis berkelamin cowo dan yang cowo sebaliknya.
Oke tibalah saatnya pulang.
*bikin surat cinta*
surat cinta sengaja saya tujukan ke kakak ketua Osis bernama Agnes. Namanya memang sedikit janggal, tapi dia cowok kok.
Judul “Ini Surat Cinta yang Pertama”
Dear ,kak Agnes... bla bla bla bla bla bla saya lupa. Intinya saya gerogi menulis surat itu. Ngeri dibaca di depan umum.
#now playing “Surat Cintaku Yang Pertama”.
*ospek hari ke 3*
Buku tanda tangan udah, pulpen udah,surat cinta beres. Tapi... kaos putih saya habis dan saya bosan memakai celana jeans hitam. Oke saya memakai kemeja putih polos dan celana yang ujungnya gombrong berwarna Pink. Ditambah lagi disuruh kuncir 2 tinggi. Alhasil ... saya banyak di tertawakan,dipanggil dan diajak poto bareng. “mau dangdutan dek ?” “WOI FETTY FERA BAHAHA BAHAHA”. Sungguh itu mengenaskan. Mereka tertawa dan saya terhina. Setelah sibuk berkeliling mencari tanda tangan. Tibalah yang ditunggu-tunggu. Promosi Organisasi !. teater mana teater ? jerit hati. Mulai dari Brimantala yang menjanjikan akan naik gunung turun, gunung dan nyangkut di gunung. Sampai ke Promosi ke 7 yaitu SKK teater gak muncul-muncul. Saya penasaran. Setelah SKK salah satu senior teater mengabarkan kalau mereka akan menampilkan Drama,dan Dance. Tetapi di akhir acara. Huffft L
*nyari Tanda Tangan lagi* *dibully lagi*
*dan...tibalah akhir acara*
Oke teater promosi drama terlebih dahulu.
Drama musical *musik* cekidot...
Wow Wih Wow Wih !! saya terus terpaku dan terkagum. Selain actingnya yang Wow salah satu pemainnya juga Wow. Namanya Kak Panji. Diakhir Drama ada akting yang memerankan dia sedang bermain basket dan memasukannya ke ring. Dia memutar-mutar bola basket dengan jari telunjuknya. Saya terpaku. Dia melakukan drible dengan cepat. Saya terpanah. Dan memasukannya segera ke ring secara cool. WOW. Sepertinya saya jatuh cinta. Oke fix masuk teater. Tunggu saya kak. huffft dasar anak baru gede (kata saya ketika menulis ini). pengospekan berakhir dan tibalah saatnya beristirahat.
*pulang*
To be continue...









1 komentar:

tinggalkan komentar setelah membaca